Ahli Uni Eropa akan pantau Pemilu 2009.

Delegasi Uni Eropa (UE) untuk Hubungan ASEAN yang dipimpin oleh Chairman of Committee on Legal Affairs dari Parlemen Uni Eropa, Hartmut Nassauer tertarik dengan proses Pemilihan Umum di Indonesia.

Untuk itu, mereka meminta kerjasama dari KPU agar para ahli Pemilu dari Uni Eropa dapat diberi kesempatan untuk menyaksikan proses Pemilu 2009.
Nassauer menyampaikan hal tersebut seusai pertemuan dengan Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary di Kantor KPU. “Kami tidak akan meminta penempatan misi pemantau formal Pemilu. Kami hanya diberikan kesempatan agar Tim Ahli Pemilu dari Uni Eropa dapat menyaksikan proses demokrasi tersebut,” kata Nassauer.
Ketertarikan tersebut berkaitan dengan rencana UE untuk meyelenggarakan pemilihan legislatif pada 6 Juni 2009. UE menganggap peran Indonesia sebagai pilar utama pembangunan demokrasi di Asia Tenggara. Pengalaman Indonesia dalam mengorganisasi Pemilu menjadi sebuah proses yang menarik dikarenakan kompleksnya kondisi di Indonesia, terutama jika dikaitkan dengan jumlah penduduknya yang sangat banyak.

Menurut Nassauer, ini juga merupakan sinyal penting tentang betapa berartinya posisi Indonesia di mata Uni Eropa dan tentu saja terdapat kepentingan ekonomi antara UE dengan Indonesia. “Pembangunan yang stabil tidak akan terjadi jika tidak ada proses yang demokrasi dan Pemilu adalah proses demokrasi yang sangat penting. Dengan azas yang sudah diatur oleh undang-undang, maka proses demokrasi tersebut akan membawa Indonesia pada proses pembangunan yang stabil dan aman,” tambah Nassauer.

Menanggapi permohonan Delegasi UE, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary mengatakan, KPU mempersilakan siapapun melakukan pemantauan atas proses pemilu di Indonesia. “Selama memenuhi persyaratan yang ada di UU
Pemilu, KPU tidak punya kewenangan untuk melarang,” ungkap pria asal Kalsel ini.
Dalam pertemuan tersebut, Ketua KPU menjelaskan penyelenggaraaan dan persiapan Pemilu 2009. Dijelaskan, saat ini KPU sedang mengintensifkan sosialisasi dengan berbagai lapisan masyarakat. “Sosialisasi dilakukan
berjenjang dengan terus menggalang kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak,” ujarnya pula.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s