Eksotisme Bagian Tengggara Pulau Kalimantan.

Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu sebelum tahun 2003 masih menjadi sebuah kabupaten yang menyatu. Kabupaten Kotabaru yang berada dibawah Pemerintahan Propinsi Kalsel ini kemudian dimekarkan menjadi Kabupaten Tanah Bumbu.

Wilayah kabupaten yangh terletak di bagian tenggara kalimantan ini, selain sebagian wilayahnya berada di daratan pulau kalimantan, juga terdiri dari pulau-pulau yang jumlahnya lebih dari 130 pulau yang cuma sekitar 30-an pulau yang memiliki nama.
Beberapa pulau yang diketahui memiliki nama antara lain ; pulau laut, sebuku, sewangi, burung, tampakan, kerayaan, kerumputan, sembilan, matasirih, nangka, manti, soren, kapak, samar gelap, kerasian, dan kunyit.

Diantara pulau bernama itu, pulau laut merupakan dimana terletak pusat pemerintahan Kabupaten Kotabaru. Pulau Samar Gelap, terletak di selat Makasar, disini dijadikan tempat suaka dan penangkaran penyu laut. Pulau Sewangi, pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, jadi kawasan suaka alam dimana masih terpelihara hutan alam dengan pohon-pohon besar.

Dengan banyaknya pulau di kawasan tenggara kalimantan ini, juga menyimpan potensi bahari yang luar biasa.
Beberapa pulau berpotensi dapat dijadikan tempat resort. Di bagian lain yang terdapat perairan, misalnya di bagian barat Pulau Laut, terdapat kawasan perairan dimana terumbu karangnya masih natural. Teluk Tamiang, disini terdapat pembudi dayaan ikan kerapu, rumput laut, kerang mutiara, dan terumbu karang yang indah dan masih natural.

Wilayah daratan kawasan tenggara kalimantan, terdapat ratusan bukit yang mengandung kapur dan kaolin berikut gua sarang burung walet. Sejauh mata memandang di kanan kiri jalan trans kalimantan dari Tanah Bumbu ke Kabupaten Pasir, tampak bukit-bukit yang tingginya ratusan meter.
Bagi anda yang menyukai petualangan dan diving, rasanya perlu membuat daftar kunjungan ke wilayah ini.
Rute yang perlu anda tempuh adalah, dari kota Banjarmasin ke arah Batulicin Tanah Bumbu. Bila ingin mencapai Pulau Laut (Kotabaru), dari Batulicin menyeberang naik fery atau speedboat. Jika ingin melihat-lihat kumpulan perbukitan, dari Batulicin menggunakan mobil ke arah Grogot Kabupaten Pasir Kaltim.

Nah, semoga tulisan ini membuat anda tertarik untuk berkunjung ke salah satu bagian kalimantan yang tak kalah eksotiknya.

One comment on “Eksotisme Bagian Tengggara Pulau Kalimantan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s