Banjar is Muslim.

Predikat Muslim untuk Orang Banjar yang mendiami pulau kalimantan, tidaklah berlebihan.
Bilamana berkenalan dengan orang Banjar, hal yang tak perlu ditanyakan adalah apa agamanya. Karena memang sangat aneh sekali bila mendengar orang Banjar menganut agama selain Islam.

Sebenarnya sebutan suku atau etnis untuk orang Banjar tidaklah tepat. Yang sangat mendekati adalah bila orang Banjar disebut komunitas, komunitas dari etnis Dayak yang beragama Islam. Karena pada dasarnya orang Banjar adalah bagian yang tak terpisahkan dengan suku Dayak secara budaya dan tradisi, namun terpisah secara kepercayaan/agama.

Sebutan suku Dayak di kalangan orang Banjar, berarti saudara mereka yang menganut kepercayaan animisme, dinamisme, memeluk agama leluhur (agama Kaharingan), atau beragama selain Islam. Sedangkan jika seseorang dari suku Dayak sudah berpindah kepercayaan memeluk agama Islam, maka berarti ia secara otomatis sudah menjadi orang Banjar.

kata “Banjar” ini pada mulanya dipakai untuk merujuk kepada orang-orang yang bermukim di sekitar bandar (pelabuhan), yang dulu bernama Bandarmasih, dimana lama kelamaan berubah nama menjadi Banjarmasin. Di kota bandar ini yang bermukim adalah orang-orang yang berasal dari berbagai tempat di nusantara, bermacam suku dan etnis. Mereka ini berasimilasi satu sama lain melalui pergaulan dan perkawinan, yang menciptakan komunitas baru, yaitu orang Bandar, atau Orang Banjar yang dikenal sekarang ini.

(Para tetuha (orangtua) yang lebih mengetahui perihal Orang Banjar, saya haturkan mohon maaf bila ada yang kurang pas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s