GEPAK; Kebangkitan Pemuda Kalimantan?


Akhir-akhir ini santer terdengar nama sebuah organisasi massa bernama GEPAK (Gerakan Pemuda Asli Kalimantan) khususnya di wilayah Propinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Organisasi tersebut juga ikut meramaikan dunia maya dengan banyaknya postingan oleh para anggotanya di jejaring sosial Facebook.
Melihat fenomena ini apakah pertanda mulai bangkitnya kearifan lokal oleh para pemuda di pulau ketiga terbesar di dunia ini jika tidak ingin dikatakan kebangkitan kedaerahan atau sukuisme ?

Jika bicara terkait pemuda asli Kalimantan, maka tak pelak lagi merujuk kepada suku-suku yakni Banjar, Dayak dan Kutai. Adapun keberadaan suku Melayu dan Paser sudah terwakili oleh keberadaan 2 suku terbesar di Kalimantan; Melayu dimasukkan kedalam suku Banjar, dan Paser terwakili oleh suku Dayak.

Yang membuat organisasi massa tersebut masih berbau Indonesia adalah namanya yang menggunakan Kalimantan bukan Borneo. Kemungkinan para pencetus gerakan itu memahami sebutan antara Kalimantan dan Borneo. Sebutan Kalimantan diperuntukkan bagi 2/3 wilayah pulau mirip bentuk wayang Semar ini yang dikuasai Indonesia. Sedangkan sebutan Borneo untuk keseluruhan pulau termasuk 1/3 bagian yang dikuasai Malaysia dan Brunei. Sebutan Borneo sendiri dulunya oleh Pemerintah Kolonial Belanda dan Inggris.

Dan dengan mengatas namakan Pemuda Asli Kalimantan, tentu saja yang berhak dan bisa diterima menjadi anggota adalah yang secara patrilineal memiliki darah dari ketiga suku terbesar di Kalimantan tersebut.

Setelah saya cari-cari perihal GEPAK ini, ternyata organisasi massa ini sudah berjalan selama 12 tahun. Kiprahnya lebih banyak di wilayah Kalimantan Timur. Adapun di wilayah Kalimantan Selatan, setahu saya munculnya GEPAK ini pada 2013 lalu. Sedangkan di wilayah Kalimantan Tengah, Barat dan Utara, saya brlum mengetahui kiprah mereka. Yang jelas tujuan dari organisasi massa ini untuk mengamankan SDA pulau Kalimantan yang sangat besar, dan menjaga serta melestarikan adat istiadat lokal.

Menjelang perhelatan politik akbar di April 2014 nanti, semoga saja GEPAK dapat menjaga netralitasnya untuk tidak menjadi underbow Parpol tertentu. Dan tak kalah pentingnya GEPAK mampu menjaga ketenteraman Kalimantan di tengah-tengah perkembangan daerah yang terus melaju diantara multi dimensi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s