Kerennya Nama Klub Sepak Bola Indonesia


Meski saya tergolong jarang menonton pertandingan sepakbola yang digelar baik Liga Primer Indonesia (LPI) maupun Indonesia Super League (ISL), namun saya hapal dengan beberapa nama klub yang berlaga di kedua penyelenggara pertandingan tersebut.

Setelah era kejayaan klub sepakbola kebanggaan ‘orang Banjar’, yakni Barito Putera, dan setelah klub tersebut terpuruk, saya jadi malas menonton pertandingan sepakbola kecuali pertandingan oleh Timnas Indonesia melawan Timnas negara lain.

Perihal nama-nama klub sepakbola di Indonesia saya ketahui adalah, Persiba (Balikpapan), Persisam (Samarinda), Persija (Jakarta), Persebaya (Surabaya), Arema dan Persema (Malang), PSIS (Semarang), Persis (Solo), Persib (Bandung), PSMS (Medan), Persegres (Gresik), dllnya.

Nama-nama klub sepakbola itu menggelitik pikiran nakal saya. Kenapa para pemilik maupun pengelola klub-klub tersebut memilih nama-nama tersebut. Padahal bila tujuannya termasuk untuk memperkenalkan daerah dimana klub tersebut ber-home base, kenapa tak sebaiknya menamakan klub sepakbola Persiba menjadi FC Balikpapan, Balikpapan FC, Balikpapan United, atau Real Balikpapan ?

Bisa juga Persebaya memilih nama Surabaya Rangers, Real Surabaya. Lalu Jakarta Dynamit, Jakarta Selection, Real Jakarta, atau apalah daripada Persija.

Coba memilih nama klub sepakbola seperti klub-klub di luar negeri, misalnya Bayern Muenchen (home base di kota Muenchen Jerman), Real Madrid (di ibukota Spanyol), AS Roma (di ibukota Italia), Olympic Marseilles (di kota Marseilles Prancis), Mancester United dan Manchester City (di kota Manchester Inggris), AC Parma (di kota Parma Italia), dllnya.

Ini cuma saran saya saja kok. Siapa tahu dengan mengganti nama yang lumayan keren bisa berdampak pula terhadap kualitas permainan sepakbola, viva sepakbola Indonesia !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s