Kantor Instansi Pindah ke Hotel


Urusan membuang-buang duit rakyat tampaknya masih belum bergeser dari instansi pemerintahan.

Contohnya beberapa hari berada di Kota Pekanbaru Riau, mengikuti seorang rekan wartawan mencari berita, tempat tujuan pencarian beritanya ke beberapa hotel.

Saya sempat bertanya kenapa ke hotel ? Ternyata kegiatan beberapa instansi pemerintah disana digelar di ruang-ruang hotel; seminar maupun rapat koordinasi.

Saya pun jadi bertanya-tanya, apakah di kantor-kantor instansi yang tampak cukup besar dari luar itu tak menyediakan ruang pertemuan, sehingga menggelar kegiatan di hotel-hotel (?) Padahal yang kita ketahui menggunakan fasilitas semacam itu sudah pasti membayar mahal, dari menyewa ruang (hall) hingga menyediakan konsumsi untuk usai acara.

Inilah gambaran nyata betapa instansi pemerintah sama sekali tak menunjukkan empatinya terhadap rakyat yang dengan sukarela menyediakan dirinya membiayai penyelenggaraan pemerintahan.

Masih banyak terdapat rakyat di negeri ini di berbagai daerah yang hidupnya cukup sulit dan sengsara, namun para pejabat dan wakilnya justru hidup senang diatas penderitaan rakyat.

Mestinya penyelenggaraan kegiatan oleh instansi pemerintah seperti itu tak dilakukan diluar dengan menggunakan fasilitas swasta, mengeluarkan biaya, menghamburkan duit rakyat saja.

Tentu akan lebih baik dan berguna jika duitnya digunakan untuk membangun fasilitas sendiri, sehingga nantinya bukan cuma dapat digunakan oleh instansi bersangkutan, tapi juga oleh pihak lain.

Perlu dirubah dan diputar balik keadaannya, bila sebelumnya instansi pemerintah menggunakan atau menyewa fasilitas milik swasta, dengan membangunnya sendiri, maka bukan tak mungkin pihak swasta yang akan menggunakan dan menyewa fasilitas milik pemerintah.

Kalau setiap atau berbagai kegiatan instansi pemerintah digelar di hotel, sebaiknya tak usah lagi bikin kantor, pindahkan saja seluruh fasilitas ke hotel.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s