Kompasiana, Tulisanku Dibuang Kemana ?


Aku tak habis pikir dengan sikap Admin Kompasiana. Beberapa hari lalu aku memposting tulisan dengan judul “Pangeran Antasari, Pahlawan Besar Nusantara”, yang menceritakan sekelumit sejarah perjuangan Pangeran Antasari, pemimpin perang Banjar (Kalimantan) melawan Kompeni Belanda.

Dua kali aku memposting tulisanku tersebut, namun tetap tak dimunculkan oleh Admin Kompasiana. Aku tunggu pun beberapa lama, tetap tulisanku tidak muncul. Aku pun sempat mempertanyakannya melalui shout back ke Admin, tak juga ada balasannya.

Apa sih kesalahan yang terdapat dalam tulisanku itu ? Apakah aku tidak boleh memperkenalkan seorang sosok pejuang yang melawan penjajah pada jamannya ? Atau karena alasan lain yang bisa mengancam stabilitas negara bila tulisanku itu dimunculkan ? Beri dong alasan-alasan yang logis yang bisa memuaskan hati, jangan cuma diam.

Sebagai sebuah wahana yang diperuntukkan bagi para penulis umum, mestinya Kompasiana lebih bersikap dan bertindak arif bijaksana. Sikap Admin Kompasiana terhadapku, kunilai sebagai sebuah diskriminatif. Mungkin Admin berpikir tulisan dari seorang yang tidak terkenal sepertiku tak begitu penting, sehingga tak perlu dimuat pun tak punya pengaruh apa-apa, cuma bisa teriak-teriak tanpa ada peduli yang mendengar.

Baiklah, mungkin aku juga punya salah yang belum kusadari, tapi setidaknya kesalahanku bisa dibeberkan supaya aku dapat memperbaikinya.
Aku berharap perlakuan yang kuterima ini tak terjadi terhadap para penulis yang tak terkenal.

By borneOrigin Posted in OPINI

Tinggalkan Balasan

