PROFIL BASHAR AL-ASSAD, PRESIDEN SURIAH.


Presiden Suriah Bashar Al-Assad mewakili stabilitas dan kesinambungan setelah 30 tahun pemerintahan ayahnya Hafez al-Assad. Kehidupan Bashar telah berubah secara dramatis setelah kematian kakaknya Bassel tahun 1994.

Dr Bashar lahir di Damaskus, Suriah, pada tanggal 11 September 1965. Ia belajar di Tishrin ophthalmology rumah sakit militer di Damaskus dari tahun 1988 hingga 1992, dan kemudian ia pergi ke London untuk melanjutkan studinya sebagai dokter mata.
Setelah kematian Bassel, Dr. Bashar dipanggil kembali dari London untuk mengambil alih pekerjaannya sebagai komandan tentara Suriah divisi lapis baja. Dia menggunakan post baru untuk menghapus banyak perwira tua, dan juga kemungkinan musuh tersembunyi.

Pada tahun 1994 Dr. Bashar al-Assad memasuki Homs Akademi Militer. Pada Januari 1999, ia naik melalui jajaran Angkatan Darat Suriah untuk menjadi Kolonel. Setelah ditunjuk sebagai seorang kolonel tentara Suriah, Bashar Al-Assad menjadi lebih banyak terlibat dalam urusan negara.
Pada beberapa kesempatan, ia dikirim sebagai wakil pribadi Presiden Hafiz Al Assad untuk diskusi dengan presiden lainnya seperti Presiden Libanon, Emile Lahoud, dan Presiden Perancis, Jacques Chirac. Proses ini melangkah setelah kematian mendadak ayahnya pada tanggal 10 Juni 2000. Dalam tahun-tahun terakhir kehidupan ayahnya, Dr. Bashar muncul sebagai penganjur modernisasi dan jaringan internet. Ia juga memimpin sebuah negeri anti korupsi.

Saat ini, Presiden Bashar Al Assad juga Presiden dan Ketua Suriah Computer Society, yang bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan Teknologi Informasi di Suriah.
Setelah kematian Presiden Hafez al Assad, dukungan publik untuk Dr Bashar telah sangat positif. Juga partai-partai politik yang berbeda di Syria telah menyatakan dukungan mereka kepada Dr. Bashar. Akibatnya, Parlemen Suriah dengan suara bulat menyetujui pencalonan Dr. Bashar untuk menjadi Presiden ke-16 Republik Arab Suriah.
Menurut sumber-sumber pemerintah, suksesi presiden Suriah ini dipandang sebagai “jaminan terbaik untuk mengejar kebijakan dan pemeliharaan stabilitas Presiden (Hafiz Al Assad) di Suriah”. Dr Bashar al-Assad juga telah dinobatkan sebagai Sekretaris Jenderal Partai Baath dan Panglima Angkatan Bersenjata. Pada tanggal 25 Juni, dia dicalonkan oleh DPR untuk presiden, dan suara ini didukung oleh sebuah referendum yang diadakan pada tanggal 10 Juni 2000 untuk mandat selama tujuh tahun.
Namun, Bashar al-Assad merupakan politisi yang masuk ke kekuasaan dengan banyak melawan kehendaknya sendiri. Jika saudaranya masih hidup, ia hampir pasti akan menjauh dari politik luar dan jauh dari sorotan. Meskipun ia adalah pengikut dekat langkah ayahnya, Bashar berbeda dari dirinya dalam hal pendekatannya terhadap politik dan kerangka. Sejak mengambil jabatan pada bulan Juni 2000, Presiden Assad telah membebaskan ratusan tahanan politik dan mengizinkan surat kabar independen pertama selama lebih dari tiga dekade untuk memulai penerbitan.

Presiden Assad telah membuat kejelasan yang lebih memprioritaskan ekonomi ketimbang reformasi politik. Sistem ekonomi Suriah yang tertutup membuka perlahan-lahan. Ada pintu bagi bank-bank swasta untuk masuk ke Suriah pertama kalinya dalam beberapa dekade. Beberapa pengamat mengatakan bahwa Dr. Bashar tegas di kursi pengemudi, tetapi ia bergerak perlahan-lahan untuk menjaga lembaga-lembaga yang kuat di belakangnya dan mencoba untuk menjamin stabilitas.
Peristiwa terkini di Timur Tengah telah menempatkan Presiden Bashar al-Assad di bawah tekanan. Perang Amerika Serikat di Irak yang berusaha untuk mengubah bentuk Timur Tengah, telah melemparkan Damaskus ke sisi yang salah pagar. Para pejabat Amerika menuduh Suriah melindungi para pejabat teras Irak, memungkinkan senjata pemusnah massal milik Irak yang disembunyikan di wilayahnya dan memindahkan peralatan militer. Suriah juga telah disebut negara nakal oleh pejabat AS dan dituduh mengembangkan senjata kimia. Namun Damaskus telah menyangkal semua tuduhan.
Libya juga baru-baru ini mengumumkan bahwa ia akan menghentikan senjata pemusnah massal dan keputusan Iran untuk bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional telah semakin meningkatkan tekanan. Tanggapan Dr. Assad terhadap semua ini telah mencoba untuk mengisolasi diri terhadap tekanan yang meningkat. Ia telah berupaya untuk memperbaiki hubungan dengan Mesir dan Turki, dan telah menyerukan pembicaraan damai dengan Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki. Sementara suara vokal Bashar menentang perang AS di Irak telah menghasut kemarahan Amerika, sudah populer di Syria dan di daerah. Di dalam negeri, Bashar al-Assad telah mewakili harapan fundamental politik dan reformasi ekonomi.
Sumber: AJP

Iklan
By borneOrigin Posted in NEWS

One comment on “PROFIL BASHAR AL-ASSAD, PRESIDEN SURIAH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s