KPK-BAWASLU AWASI INCUMBENT DI PILKADA.


Jakarta,
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan bekerjasama mengawasi pelaksanaan 244 pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar tahun ini. KPK akan mengawasi praktik politik uang, penggunaan fasilitas jabatan, dan penggunaan anggaran daerah oleh kepala daerah yang mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan kedua (incumbent).

“Incumbent lebih rawan melakukan korupsi dalam bentuk penyalahgunaan wewenang dan fasilitas negara untuk keperlijan pilkada, misalnya menggunakan rumah dinas, mobil dinas, alat komunikasi, ruang kerja, dan fasilitas dinas lain un­tuk keperluan pencalonan di pil­kada,” ujar Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini setelah bertemu pimpinan KPK di gedung KPK kemarin(18/2).
Pasal 79 ayat (3) huruf (a) UU No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah menyebutkan, pejabat ne­gara yang menjadi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam melaksanakan kampanye harus memenuhi ketentuan, yakni tidak menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

Selain fasilitas yang terkait ja­batan, Bawaslu beker­jasama dengan KPK untuk mencermati laporan harta kekayaan penyelenggara negara dan penggunaan ang­garan negara untuk membiayai program-program populis menjelang pilkada. KPK juga akan mengawasi praktik politik uang yang terjadi di pilkada, terutama yang sumbernya berasal dari anggaran negara.

“Karena ada program-program yang tiba-tiba saja jelang pilkada, misalnya beasiswa atau tiba-tiba terjadi intensitas realisasi pro­gram, misalnya pembangunan jalan baru. Jadi ada bagian yang diawasi KPK, ada yang diawasi Bawaslu,” tutur mantan Ketua Panwaslu Jawa Tengah ini.

Hingga 12 Februari lalu, terdapat 124 daerah yang telah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih, 76 kabupaten/kota dan 2 provinsi telah memasuki tahapan pencalonan dan 10 kabupaten/ kota yang telah memasuki taha­pan kampanye. (kpksite)

Iklan
By borneOrigin Posted in NEWS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s