LAY……..LAY……..DAN LAY.


“Jangan lebay, plis !” Tulisan pada sebuah produk rokok terkenal.
Bagi mereka yang terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, tentu bingung mengartikan kalimat ‘gaul’ (Banjar, gawian bungul, hehe).

Akhir-akhir ini semakin banyak kata-kata yang muncul menjadi istilah dalam bahasa pergaulan sehari-hari. Ada kata yang dibuat dari sebuah singkatan beberapa kata, misal ; jablai, jarang dibelai.

Ada lagi muncul istilah ‘alay’, kurang tahu apa maksud kata tersebut. Mungkin karena lagi trend akhiran “ay”, sampai-sampai seorang Mekominfo, Tifathul Sembiring sempat juga nyebut kata ‘alay’, hehe.
Nah, perihal kata ‘lebay’, saya jadi ingat saat masih anak-anak, tinggal di pelosok kalimantan. Tiap Jum’at kami selalu dikunjungi oleh seorang pria yang membawa tempat beras berupa bakul. Kami selalu memberi pria itu beras 1 muk (kaleng susu). Pria ini pekerjaannya menjadi penjaga dan mengurus mesjid, dan kami menyebutnya ‘lebay’. Si Lebay ini akan berkeliling kampung kami memungut beras dari para warga.
Saya sebenarnya sudah lupa dengan Si Lebay ini sehingga jadi ingat lagi ketika tiba-tiba Lebay sering disebut-sebut oleh para orang-orang yang ngaku ‘gaul’. Alamak, tak seronong sangat, yang jadul jadi modern, yang modern malah bisa jadi jadul, bolak balik, terbalik, jungkir balik, hahaha, aya aya wae.

Nah lho, ini ada lagi kata yang berakhiran ‘ay’, yaitu ‘galay’, dalam bahasa Banjar (bahasa saya dan mayoritas penduduk Kalsel), artinya seseorang yang lamban dalam melakukan suatu pekerjaan. Saya ingin memperkenalkannya pada dunia, ‘galay’ layak masuk dalam kosa kata percakapan modern yang dianggap gaul.
Ayo para penduduk Kalsel semua, kita pakai kata ‘galay’ untuk percakapan dan bahasa tulisan, dan sekian.

Iklan
By borneOrigin Posted in ANEHDOT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s