MUHAMMAD BIN ABDULLAH ; SEPUPU ALI BIN ABU THALIB.


Subhanallah, yang telah menciptakan al qur’an sebagai petunjuk bagi yang berfikir.

kaligraf

Ali Ibn Abu Thalib

Ali Ibn Abu Thalib

Suatu hari saya pernah mendengar seseorang mengatakan kepada beberapa temannya, Nabi Muhammad SAW tidak bisa dilukis, digambar (divisualisasikan). Saya pun tergelitik untuk ikut nimbrung. “Saya bisa melukis Nabi Muhammad SAW,” kata saya.
Tentu saja beberapa orang itu kaget. “Tentu kamu tidak akan bisa,” kata orang pertama. “Ambilkan saya secarik kertas dan pensil,” pintaku.
Mereka pun memenuhi permintaan saya itu. Maka mulailah saya melukis wajah seseorang bertampang Arabia semampu saya. Setelah selesai secarik kertas itu saya sodorkan kepada mereka. “Ini kan bukan lukisan wajah Nabi Muhammad SAW,” seru mereka serempak.
Namun saya tak mau begitu saja dikalahkan oleh pendapat mereka. Saya balik bertanya,” apakah kalian pernah tahu bagaimana wajah nabi Muhammad SAW itu ?” tanyaku. Mereka semua menggeleng lemah.

Selanjutnya saya katakan kepada mereka semua, wajah Nabi Muhammad SAW bukan mustahil dapat dilukis oleh manusia. Wajah Yesus Kristus yang lahir lebih dari 500 tahun sebelum Nabi Muhammad SAW saja, manusia bisa melukiskannya, dan bahkan membuat patungnya. Yang benar adalah, umat Islam ‘diharamkan’ melukis wajah Nabi Muhammad SAW. Hal ini untuk menghindari agar jangan sampai Rasul Allah terakhir itu dikultuskan kemudian bernasib sama seperti Nabi Isa Alaihissalam.

Saya tidak kaget ketika ada media massa yang menayangkan visualisasi wajah Nabi Muhammad SAW. Karena saya tidak kaget pula ketika melihat sejumlah lukisan khalifah Al Rasyidin ; Abubakar, Umar, Utsman, dan Ali di dinding-dinding rumah orang Islam.
Salah satu dari lukisan wajah Khalifah itu yang amat menjadi perhatian dan menggugah pikiran saya adalah, wajah Ali Bin Abu Thalib Bin Abdul Muthalib.
Umat Islam tahu kedudukan Ali selain Khalifah Al Rasyidin yang ke-4, ia juga pemuda yang pertama kali mengucap syahadat, dan ia pun sepupu sekali dari Nabi Muhammad SAW.
Layaknya 2 orang sepupu sekali dari pihak ayah, biasanya wajah mereka satu sama lain tak akan jauh berbeda, mempunyai kemiripan. Dalam pikiran saya, jika lukisan wajah Ali Bin Abu Thalib seperti yang dilukiskan orang, berarti wajah Nabi Muhammad SAW pun tentu tak begitu banyak perbedaannya.

Perasaan saya amat miris manakala melihat lukisan-lukisan para Sahabat Nabi, maupun lukisan para orang-orang shaleh yang hidup ratusan bahkan lebih dari seribu tahun lalu. Begitu amat hebat kah daya ingat yang diwariskan turun temurun hanya dengan prediksi kata-kata ?

Namun bukan mustahil pula dengan kemajuan teknologi masa kini, dimana perangkat komputer dapat mendisain sebuah wajah seseorang berdasarkan ciri-ciri etnis dan ras. Tapi kembali kepada larangan dalam Islam yang tak boleh ditawar-tawar lagi, melukis wajah Nabi Muhammad SAW adalah ‘haram’.

Mestinya Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat suatu fatwa yang melarang melukis maupun mevisualisasikan wajah orang-orang terdekat Nabi Muhammad, para Nabi dan Rasul lainnya, juga para Ulama dan orang-orang Shaleh yang hidup berabad-abad lalu. Fatwa mengenai ini lebih ada gunanya ketimbang fatwa mengharamkan rokok atau menggunakan Facebook.

Iklan
By borneOrigin Posted in GENERAL

2 comments on “MUHAMMAD BIN ABDULLAH ; SEPUPU ALI BIN ABU THALIB.

  1. Mengapa wajah nabi Muhammad bin Abdulah dilarang dan tidak boleh diperlihatkan…? Kita harus banyak mengetahui politik Arab dan banyak membaca sejarah biografie Muhammad.

    Wajah Nabi Muhammad tidak boleh diperlihatkan karena wajahnya seperti penyakit siphlies ‘RAJA SINGA’
    Kakinya seperti seperti kaki Gaja,dan Muhammad suka memakai banyak parfum karena tubuhnya sangat bau menusuk hitung,
    dan rambutnya banyak kutu disebabkan kurang mandi

    Wajah mudah nabi Muhammad ada dalam file inyternet saya, saya dapat dari seorang Syiah…dan setelah menjelang ketuaannya Muhammad wajahnya berbintik seperti penyakit siphlis itupun ada pada file internet saya tetap saya simpan.

  2. Nunuisaku BIN BISUL, ORANG BUSUK SEDANG BERBICARA!ANDA TAU APA TENTANG NABI KAMI!!APAKAH ORG TERSEBUT ADA PADA ZAMAN NABI DAN !!!SUNGGUH IDIOT SEKALI PEMIKIRAN ANDA!!!,MUNGKIN YG ORG KAFIR TMN ANDA ITU “DIA MELUKIS ANDA DI MASA DEPAN!”wakakakkkkkkkkkkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s