Menakertrans Resmikan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Ketapang-Nusantara, Aceh Tengah, Provinsi NAD.


NAD – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dr. Ir Erman Suparno, MBA, Msi meresmikan pencanangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) di kawasan Ketapang – Nusantara, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi NAD pada Rabu (15/4). Dalam kunjungan kerja ini, Menakertrans diagendakan meresmikan Balai Benih Holtikultura di Kec. Atu Lintang, berdialog dengan masyarakat eks transmigrasi dan melakukan peninjauan kopi Baburrayan Pengasing dan kebun strawberi di Kec. Jagong Jeget.

Dalam sambutannya, Menakertrans Erman Suparno mengatakan realitas telah menunjukkan bahwa pembangunan transmigrasi di Indonesia selama beberapa dasawarsa ini telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan pembangunan daerah dan nasional. Salah satu indikasinya adalah berkembangnya eks lokasi transmigrasi menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi maupun administrasi pemerintahan.

Pelaksanaan program transmigrasi, telah memberikan perkembangan infrastruktur fisik, sosial ekonomi masyarakat, dan meningkatkan produksi hasil pertanian dan perkebunan yang dampaknya mampu membendung arus urbanisasi dan pengangguran. Hal ini dapat terlihat dari semakin pesatnya pembangunan wilayah-wilayah kabupaten/kota di berbagai provinsi seperti Lampung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara dan Provinsi NAD.

Menakertrans menambahkan untuk mengimplementasikan paradigma baru transmigrasi, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi membangun Kota Terpadu Mandiri (KTM) di lokasi-lokasi transmigrasi yang ada di seluruh Indonesia. Dengan adanya pembangunan KTM ini diharapkan dapat merevitalisasi kawasan-kawasan transmigrasi sehingga lebih berkembang, meningkatkan produksi, investasi swasta serta penyerapan tenaga kerja melalui pengembangan agroindustri.

Dalam pembangunan KTM ini yang melibatkan masyarakat transmigrasi dan masyrakat lokal, perlu dibina kerukunan antar warga sehingga tercipta kondisi keamanan yang kondusif dan harmonis dalam hidup bermasyarakat. Selain itu diharapkan pula peningkatan iklim investasi swasta, pengembangan pariwisata, pengembangan usaha masyarakat seperti budidaya tanaman stroberi, kopi, karet, kentang, dan lain-lain yang akan berdampak pada peningkatan pembangunan daerah.

Menakertrans akan memberikan bantuan 2 unit sound system, 10 paket buku perpustakaan, 5 unit genset, 1 unit mobil training unit (mekanik sepeda motor), hand tractor, serta 1 paket peralatan dan pelatihan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi NAD, Menakertrans direncanakan akan mengadakan pertemuan dengan Bupati dan Walikota se-provinsi NAD. Dalam pertemuan ini Menakertrans memberikan apresiasi atas keberhasilan provinsi NAD dalam melaksanakan pembangunan paska bencana tsunami. Depnakertrans akan mendukung pembangunan daerah dan pengembangan SDM melalui program pembangunan ketenagakerjaan dan ketransmigrasian.

Selain itu Menakertrans pun akan melakukan peninjauan ke LLK (Lembaga Latihan Kerja) di kabupaten Bener Meriah, Provinsi NAD. Menakertrans bertekad untuk merevitalisasi seluruh BLK / LLK di Indonesia sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian para pencari kerja agar siap mengisi kebutuhan tenaga kerja baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. (Pushum DTKT)

Iklan
By borneOrigin Posted in NEWS

2 comments on “Menakertrans Resmikan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Ketapang-Nusantara, Aceh Tengah, Provinsi NAD.

  1. Salah satu program pemerintah yang sangat baik dan menyentuh langsung ke masyarakat bawah. Semoga tidak tersentuh oleh koruptor sehingga hasil yang didapat bisa maksimal.
    Salam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s