BEASISWA BANTUAN PENULISAN TESIS/DISERTASI PROGRAM MITRA BAHARI- COREMAP TA 2009


Coral Reef Rehabilitation Management Program phase II (COREMAP) , merupakan program yang diinisiasi oleh multi donor (GEF, World Bank, dan /Bank Pembangunan Asia) bersama Pemerintah Indonesia, bertujuan untuk merehabilitasi kondisi terumbu karang Indonesia dan menyusun format pengelolaan ekosisistem terumbu karang nasional yang implementatif dan berkelanjutan. Salah satu programnya adalah Program Mitra Bahari (PMB) yaitu program pengembangan kemitraan antara Departemen Kelautan dan Perikanan dengan Perguruan Tinggi dan berbagai pihak dalam rangka mengakselerasi pembangunan kelautan dan perikanan dalam bentuk peningkatan kapasitas kelembagaan dan sumberdaya manusia kelautan di daerah, alih teknologi dan pengetahuan dan menyuluhkannya kepada kelompok masyarakat pesisir menuju revolusi biru sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi pesisir. Untuk Tahun Anggaran 2009 , PMB-COREMAP II menyediakan beasiswa bantuan penulisan tesis/disertasi yang topik utama penelitiannya mengenai terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya. Calon penerima diprioritaskan (tapi tidak terbatas) bagi mereka yang melakukan penelitian di wilayah COREMAP II-WB atau berafiliasi dengan lembaga/instansi di wilayah tersebut. Untuk bantuan penulisan tesis, diberikan kepada 50 tesis terpilih dengan besaran beasiswa sebesar Rp 7.500.000,-/ tesis, sedangkan bantuan penulisan disertasi adalah 35 disertasi terpilih dengan besaran beasiswa sebesar Rp 9.500.000,-/ disertasi.

PERSYARATAN:
Mengisi formulir pendaftaran dengan:

  1. Melampirkan foto copy Kartu Tanda Penduduk, Kartu Pegawai (PNS/Swasta) dan foto diri 4X6 cm
  2. Melampirkan foto copy transkrip dan Ijasah SI (bagi program S2) dan ijasah S2 ( bagi program S3) yang dilegalisir oleh Universitas, dengan IPK minimum 2, 75 untuk S2 dan 3,5 untuk S3 (dalam skala 4,0).
  3. Melampirkan transkrip nilai S2 dan S3 minimum pada 2 (dua) semester untuk S2, dan 4 (empat) semester untuk S3 yang ditandatangani oleh Pimpinan Fakultas Pascasarjana (nama,tandatangan dan stempel)
  4. Melampirkan surat Rekomendasi dari dua orang Komisi Pembimbing dan Ketua Program Studi.
  5. Melampirkan Proposal Penelitian yang halaman/lembar pengesahannya telah ditandatangani oleh Komisi Pembimbing , Ketua Program Studi dan Pimpinan Pasca Sarjana (tanda tangan,nama, tanggal dan cap stempel).
  6. Melampirkan Surat pernyataan tidak mendapatkan beasiswa serupa (bantuan penulisan tesis/disertasi) dari sumber lain yang ditandatangani diatas meterai Rp 6000,- oleh pengusul, dan diketahui oleh ketua Program Studi (nama, tandatangan dan stempel Program Studi)
  7. Topik penelitiannya relevan dengan upaya   pengelolaan dan rehabilitasi terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya.
  8. Bersedia menandatangani kesediaan untuk mendukung misi program COREMAP II sesuai dengan kapasitas masing-masing setelah beasiswa berakhir diatas meterai Rp 6.000,- dan apabila memungkinkan akan ditempatkan di lokasi COREMAP II selama minimum 3 (tiga) bulan.
  9. Melampirkan surat rekomendasi dari ketua Konsorsium Mitra Bahari SULSEL (UNHAS), SULTRA (UNHALU), NTT (UNDANA), Papua Barat (UNIPA) dan Papua (UNCEN).
    Bilamana pengusul bukan berasal dari wilayah COREMAP II_WB (Sulsel, Sultra, NTT, Papua
    dan Papua Barat), maka pengusul harus tetap melampirkan surat rekomendasi dari Konsorsium Mitra Bahari wilayah masing-masing.

PROSEDUR PENDAFTARAN :

  1. Setiap pengusul hanya boleh memasukkan satu formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran bisa diakses di : http://www.coremap.or.id
  2. Setiap formulir pendaftaran yang dikirim harus disertai dengan dokumen pendukung; kekurangan dokumen pendukung pada saat pengiriman tidak akan diproses lebih lanjut atau langsung dinyatakan gugur.
  3. Setiap formulir pendaftaran harus disertai pas photo diri, dengan background berwarna biru.
  4. Formulir Pendaftaran dan seluruh dokumen pendukung harus sudah diterima panitia selambatnya: 30 Juni 2009. Melewati tanggal itu dokumen pendukung tidak akan diproses lebih lanjut atau langsung dinyatakan gugur. Bagi pengusul yang sudah dinyatakan LULUS oleh universitasnya sebelum tanggal 30 Juni 2009 maka akan dinyatakan gugur dan panitia tidak akan memproses lebih lanjut.
  5. Seleksi akan dilakukan dalam 2 (dua) tahap, yaitu seleksi administrasi/verifikasi data dan seleksi proposal oleh tim akhli Program Mitra Bahari-COREMAP
  6. Seleksi administrasi/verifikasi akan dilakukan mulai tanggal 1-30 Juli 2009. Bagi yang tidak lulus dalam seleksi administrasi, proposal penelitiannya tidak akan diseleksi lebih lanjut.
    Seleksi proposal akan dilakukan pada tanggal 31 Juli 2009.
  7. Bagi yang lulus seleksi , nama-nama calon penerima beasiswa akan diusulkan untuk disahkan dengan Surat Keputusan Dirjen KP3K, dan akan diumumkan pada website : http://www.coremap.or.id
  8. Penerima beasiswa wajib menyerahkan 1 buah copy asli tesis/disertasi dan soft copynya setelah dinyatakan lulus oleh Universitas tempat belajar.
  9. Panitia tidak akan melayani pertanyaan melalui telpon atau sms. Untuk informasi lebih lanjut hubungi panitia di spp.coremap2@gmail.com,
  10. Formulir pendaftaran dan seluruh dokumen pendukung diserahkan ke :
SEKRETARIAT MITRA BAHARI – COREMAP II
Jalan Tebet Raya 67 C
Jakarta 12820

Iklan
By borneOrigin Posted in NEWS

One comment on “BEASISWA BANTUAN PENULISAN TESIS/DISERTASI PROGRAM MITRA BAHARI- COREMAP TA 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s