PENCANANGAN HUTAN DESA DUSUN LUBUK BERINGIN, KECAMATAN BATHIN III ULU, KABUPATEN BUNGO, PROVINSI JAMBI


 Pada hari Senin tanggal 30 Maret 2009 telah dilaksanakan Pencanangan hutan desa di Dusun Lubuk Beringin, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi oleh Bapak Menteri Kehutanan RI dengan dihadiri oleh Pejabat Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait, para mitra Departemen Kehutanan serta kelompok masyarakat hutan desa dan masyarakat umum setempat.

Penyelenggaraan pencanangan hutan desa yang merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kehutanan No. 49/Menhut-II/2008 tentang Hutan Desa tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan dan program hutan desa kepada masyarakat dan institusi terkait dalam upaya untuk meningkatkan motivasi para pelaksana program hutan desa di daerah serta memantapkan pelaksanaan hutan desa dalam bentuk pemberian Penetapan Areal Kerja Hutan Desa oleh Menteri Kehutanan kepada Gubernur dan pemberian Hak Pengelolaan Hutan Desa dari Gubernur kepada Lembaga Desa.

Pada acara Pencanangan Hutan Desa tersebut, telah dilaksanakan penyerahan-penyerahan antara lain:

  1. SK Menteri Kehutanan tentang Penetapan Areal Kerja Hutan Desa kepada Bupati Bungo;
  2. SK Menteri Kehutanan tentang Penetapan Areal Kerja HKm kepada Bupati Buleleng (Provinsi Bali), Sumba Timur (Provinsi NTT), Kepahiang dan Rejang Lebong (Provinsi Bengkulu);
  3. SK Gubernur tentang Hak Pengelolaan Hutan Desa oleh Gubernur Jambi yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Provinsi Jambi kepada Lembaga Desa Dusun Lubuk Beringin Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi

Dalam kesempatan yang sama juga telah diserahkan SK Menhut Pencadangan HTR kepada Bupati Tebo, Bupati Sarolangun, Bupati Batanghari dan Bupati Muaro Jambi Provinsi Jambi dan SK HTR dari Bupati kepada Kelompok Tani serta dalam rangka mensukseskan program ‘One Man One Tree’ juga diserahkan bibit kepada Bupati/Walikota di Provinsi Jambi.

Selesai acara penyerahan, Menteri Kehutanan juga berkesempatan mengadakan dialog dengan Koperasi Wanita pengelola pembangkit listrik tenaga air dan pengelolaan hutan serta Kelompok Masyarakat dengan dipandu oleh Bupati Bungi yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman di sekitar lokasi serta tabur benih ikan di Lubuk Larangan serta melakukan peninjauan ke kebun bibit masyarakat dan pembangkit listrik tanaga air.(dephutnet)

Iklan
By borneOrigin Posted in NEWS

One comment on “PENCANANGAN HUTAN DESA DUSUN LUBUK BERINGIN, KECAMATAN BATHIN III ULU, KABUPATEN BUNGO, PROVINSI JAMBI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s